SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN HARGOTIRTO KAPNEWON KOKAP

 

Madu Randu Alas, Emas Cair Seribu Khasiat dari Sekendal Desa Hargotirto

Administrator 07 Oktober 2019 22:00:00 Berita Desa

[Kabar Hargotirto, Selasa (8/10/2019)] Sejak jutaan tahun yang lalu manusia tealh mengenal madu. Madu juga sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Dimanfaatkan sebagai campuran makanan, minuman, kecantikan dan bahkan pengobatan. Ternyata madu memiliki berbagai jenis berdasarkan sari-sari bunga yang dikonsumsi oleh lebah itu sendiri.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Balikpapan Tak Mau Bernasib Seperti Jakarta 

Salah satu jenis madu yang popular adalah Madu Randu atau dikenal dengan madu kapuk. Madu jenis ini dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan di dekat area hutan randu. Madu jenis ini memiliki warna coklat muda dan bening dengan rasa sedikit manis dan masam.Madu jenis ini memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, meningkatkan nafsu makan, memperlancar fungsi kerja otak, menyembuhkan radang, menyehatkan liver, menyembuhkan demam, menghilangkan bau mulut dan menyembuhkan luka dengan cara dioleskan.

Tahukah anda di Hargotirto ada kampung lebah? Ya Seorang petani lebah bernama Heri Kurniawan, mulai merintis kampung lebah ini sejak beberapa tahun yang lalu. Bermodal kecintaannya terhadap lingkungan Heri Kurniawan sempat merintis wisata edukasi Lebah. Beberapa investor bahkan menghubungi beliau untuk bekerjasama mengembangkan kampung lebah ini. Namun karena sebagian besar dari mereka lebih berorientasi pada untung semata dan mengabaikan tujuan, beliau memilih mundur dan mengembangkan kampung lebah secara mandiri.

Penasaran? Yak, Kampung ini  bernama Kampung Tawon Randu Alas, terletak di Pedukuhan Sekendal Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Cukup 15 menit dari Balai Desa Hargotirto dengan mengendarai kendaraan bermotor, kita akan sampai di Kampung Tawon randu Alas. Di kampung ini anda biasa meminum langsung madu dari sarangnya, belajar bagaimana membudidayakan lebah dan tentu saja belajar bersama lebah yang imut-imut. Jika anda datang dari arah Kota Jogja, anda cukup mengarahkan kendaraan anda memasuki wilayah Waduk Sermo ke arah Desa Hargotirto. Di Kampung Tawon Randu Alas anda akan berwisata sekaligus belajar tentang lebah. Tidak usah takut kemalaman ataupun kelaparan karena di Hargotirto sudah ada homestay yang siap menampung anda.

Ayo berkunjung ke Hargotirto, jangan lupa ya dianggendakan!!!

Komentar atas Madu Randu Alas, Emas Cair Seribu Khasiat dari Sekendal Desa Hargotirto

Sudiyono Yakobus 04 Februari 2020 18:40:10
Saya minat merasakannya.Saya di Nanggulan.Dan ingin datang ke Kokap.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Dukuh Soropati Dukuh Sekendal Dukuh Keji Lainnya Dukuh Teganing I Dukuh Teganing II Dukuh Teganing III Dukuh Crangah Dukuh Sungapan I Lainnya Dukuh Menguri Dukuh Sebatang Dukuh Nganti Lainnya Lurah Carik Kamituwa Jogobyo Ulu-Ulu Danarta Panata Laksana Sarta Pangripta Staff Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung