SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA HARGOTIRTO

 

Memanfaatkan Lahan Pekarangan Bersama KWT Amrih Maju

Administrator 10 Oktober 2019 18:59:37 Berita Desa

[Kabar Hargotirto¦ Kamis, 10 Oktober 2019] Kelompok Wanita Tani atau biasa kita dengar dengan sebutan KWT, pasti terbayang wanita-wanita cantik nan tangguh yang sedang bercocok tanam. Di Desa Hargotirto telah berdiri KWT-KWT di masing-masing Pedukuhan. Sebagian besar telah berbadan hukum, ada juga yang masih dalam proses pendirian awal. Salah satu KWT yang ada di Desa Hargotirto adalah KWT Amrih Maju Pedukuhan Teganing 1. KWT Amrih Maju berdiri pada tanggal 4 September Tahun 2017 dengan Ketua Ibu Murningsih. Lokasi sekretariat KWT Amrih Maju terletak di rumah Bapak Siswo Harjono RT 21 RW 10 Pedukuhan Teganing 1. Tujuan awal pendirian KWT Amrih Maju seperti yang tertuang dalam AD ART nya antara lain adalah untuk mewadahi kegiatan-kegiatan pertanian yang dulu sudah ada disetiap kelompok RT, untuk memenuhi kebutuhan sayuran dan pangan rumah tangga dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Tahun ini KWT Amrih Maju Teganing I telah menerima bantuan hibah lumbung Mataraman. Hibah ini berasal dari dana APBD DIY (dana keistimewaan) yang diberikan kepada KWT Amrih Maju, Teganing 1 berupa kebutuhan demplot pekarangan kelompok, pekarangan anggota dan kebun bibit/rumah bibit. Diantaranya berupa berbagai jenis bibit sayur mayur, bibit buah-buahan, bibit ayam, bibit ikan dan kolam ikan dari buis beton. Adanya bantuan ini diharapkan membuat anggota KWT Amrih Maju lebih bersemangat menjalankan kegiatan yang telah dirintis sejak tahun 2017.

Selain kegiatan yang berkaitan dengan pangan sebetulnya KWT Amrih Maju telah memproduksi gula semut dan gula jawa kemasan, namun belum dapat diedarkan secara luas dikarenakan masih terhambat pengurusan PIRT. Ketua KWT Amrih Maju yang sempat kami hubungi mengemukakan bahwa sebenarnya sudah mengikuti penyuluhan keamanan pangan, sebagai syarat pengajuan PIRT namun masih menunggu proses dari Dinas Kesehatan,. Lebih lanjut Ibu Murningsih mengemukakan bahwa pihak Dinas Kesehatan akan memberikan kabar jika PIRT tersebut telah siap diambil. 

Komentar atas Memanfaatkan Lahan Pekarangan Bersama KWT Amrih Maju

Erna 12 Oktober 2019 07:10:20
Semoga tambah maju tambah semangat.amin.....

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 3 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan November Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kasi Kemasyarakatan Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kaur Perencanaan dan Keuangan Kaur Umum Aparatur Desa dan Aset Dukuh Soropati Dukuh Sekendal Dukuh Keji Lainnya Dukuh Teganing I Dukuh Teganing II Dukuh Teganing III Lainnya Dukuh Crangah Dukuh Sungapan I Lainnya Dukuh Menguri Dukuh Sebatang Dukuh Nganti Staff Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung