SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA HARGOTIRTO

 

Sosialisasi Tanggap Bencana | Desa Hargotirto

Administrator 29 November 2019 13:17:43 Berita Desa

Hargotirto | Jumat [29-11-2019]

Sabtu [1-12-2019] akan diadakan sosialisasi tanggap bencana di Balai Desa Hargotirto esok pukul 09:00 waktu setempat, pertemuan pertama Sabtu minggu yang lalu sebagian undangan telah mengikuti sosialisasi tersebut, karena undangan terbagi menjadi dua pertemuan yang kedua untuk sabtu besok. Undangan dihadiri oleh RT dan RW seluruh desa Hargotirto, 

"Sebagai Desa tangguh masyarakat harus sigap menghadapi bencana" tutur Kepala Desa Hargotirto. Parlan selaku Kasi pemerintahan juga menghimbau agar masyarakat bergotong royong bersih- bersih lingkungan untuk menghadapi musim penghujan, dan mendorong RT RW sebagai penggerak masyarakat di wilayah masing - masing. "Tak sedikit dana APBDesa untuk anggaran Desa Siaga Bencana" ungkapnya, maka dari itu silahkan RT RW menyampaikan aspirasi untuk hal tersebut melalui musduk yang ada di wilayah masing- masing.

Maryanto Babinsa Desa Hargotirto menyapaikan terkait bagaimana menyikapi  bencana, beliau menghimbau masyarakat untuk menggiatkan menanam pohon pengikat air seperti gayam, beringin, aren dan lain sebagainya, agar ketika musim kemarau datang merekalah yang menyediakan air untuk kita. Bhabinkamtibmas juga menghimbau agar masyarakat berbenah aliran air, menebang pohon yang sudah lapuk, tidak hanya itu beliau juga menghimbau kamling di wilayah masing - masing untuk  menanggapi hal yang darurat,  jadi masyarakat sudah siaga dan siap.

Baca Juga : Anak Punya Hak untuk Bicara

 

Dalam forum diskusi perwakilan masyarakat yang diundang yaitu RT RW banyak menyampaikan harapan saran  mereka. Yang admin bisa tangkap diantaranya permohonan bantuan peralatan untuk mengalirkan air dari sumber mata air di lembah ke pemukiman warga yang berada diatas, Saran agar desa menghimbau kepada masyarakat agar tidak menerima bantuan bibit pohon yang tidak konserfatif terhadap lingkungan, dan juga "Penebangan kayu tidak boleh merusak lingkungan, seperti contoh yang terjadi dalam proses pengangkutan, kayu tidak diangkat tapi dorong (disloroke: jawa), sehingga membentuk tanah yang cekung, dan ketika musim hujan sangat berpontesi dilalui air, sehingga air tidak terkondisi," ungkap RT 05 Pedukuhan Soropati, dan masih banyak lagi, tentu pihak Pemerintah Desa akan berupaya menindaklanjuti hal tersebut.

Harapanya dengan kegiatan ini, bencana- bencana yang sering terjadi seperti tanah longsor, kekeringan, maupun yang lain tidak terjadi atau bisa di minimalisirkan  hal tersebut.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 3 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan November Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kasi Kemasyarakatan Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kaur Perencanaan dan Keuangan Kaur Umum Aparatur Desa dan Aset Dukuh Soropati Dukuh Sekendal Dukuh Keji Lainnya Dukuh Teganing I Dukuh Teganing II Dukuh Teganing III Lainnya Dukuh Crangah Dukuh Sungapan I Lainnya Dukuh Menguri Dukuh Sebatang Dukuh Nganti Staff Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung